RSS

Rangkaian Emergency Lamp menggunakan LED


Rangkaian ini adalah contoh emergency lamp yang menggunakan high power LED sebagai lampunya. Penggunaan lampu led sebagai pengganti lampu pijar berdasarkan pada pertimbangan bahwa lampu led memiliki konsumsi daya yang lebih kecil sehingga durasi penyalaan lampu ini akan lebih lama.

Skema emergency lamp LED
Rangkaian dibangun dari tiga bagian, charger baterai, pendeteksi jala jala, dan rangkaian LED. Rangkaian charger baterai dibangun dari IC regulator LM 317 sebagai sumber teganan konstan, besarnya nilai tegangan dapat diatur dengan mengubah nilai VR1. Saat baterai telah terisi penuh maka tegangan baterai akan melampaui tegangan tembus ZD1, transistor T1 bekerja sbagai saklar otomatis untuk mematikan regulator saat baterai telah penuh.

Layout PCB emergency lamp
PCB Jadi

layout bolam LED


PCB Bolam LED

Rangkaian pendeteksi jala-jala dibangun dari R15 dan T2. Saat sumber dari PLN mati, maka T2 akan konduksi dan arus yang besar akan melewati T2 menuju rangkaian LED. LED diseri dengan resistor untuk memperoleh arus optimal dari LED sekitar 20mA/led. Apabila diperlukan LED dapat dipasang dalam jumlah banyak secara parelel, tetapi hal ini akan mengurangi durasi penyalaan lampu, karena baterai akan cepat habis.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS