RSS

MEMBUAT LAMPU EMERGENCY LED, MEMANFAATKAN HANDPHONE DAN CD BEKAS

Led Super untuk emergency
Foto LED Super putih



Handphone bekas yang sudah tidak terpakai ini dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain. Salah satu diantaranya adalah untuk pembuatan lampu emergency LED. Bagian dari Handphone bekas yang dapat dimanfaatkan untuk lampu emergency adalah batery dan chargernya.
 
Batere Handphone dan chargernya

Batery Handphone mempunyai besar tegangan 3,7 Volt sedangkan charger Handphone memiliki besaran tegangan output sebesar 5 Volt. Sedangkan tegangan kerja LED super sekitar 3 Volt. Berarti diperlukan penurun tegangan baik dari batere maupun charger untuk beroperasi pada tegangan kerja Super LED. Untuk penurun tegangan dapat menggunakan dioda jenis silikon. Dioda tersebut dapat kita beli atau kita ambil dari lampu neon elektronik yang sudah tidak terpakai. Lihat MENGHIDUPKAN KEMBALI LAMPU NEON ELECTRONIK YANG SUDAH MATI. Biasanya rangkain Lampu neon elektronik memiliki lebih dari 4 buah dioda silikon.
Lampu Neon elektronik yang sudah rusak

Dioda silikon mempunyai tegangan drop 0,7 Volt. Berarti dibutuhkan satu buah dioda silikon untuk mendrop tegangan dari batere agar diperoleh tegangan kerja LED Super putih 3 Volt. Dan jika beroperasi dari charger dibutuhkan 3 buah dioda silikon untuk mendrop tegangan dari charger agar diperoleh tegangan kerja LED Super putih 3 Volt. Dan satu buah dioda silikon untuk mendrop tegangan dari charger ke batere untuk membatasi arus pengisian batere. Jadi total dibutuhkan 4 buah dioda silikon. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada diagram rangkaian dibawah ini.


Gambar diagram rangkaian Lampu emergency LED Super dengan saklar geser


Gambar diagram rangkaian Lampu emergency LED Super dengan saklar togel

Bahan reflektor untuk memasang LED dapat menggunakan CD (Compact Disk) bekas, CD, CD rom, VCD, DVD, CD Play stasion yang sudah tidak terpakai lagi atau dari bahan lainnya. Potong keping CD dengan menggunakan Gunting.

Untuk melubangi CD gunakan bor atau paku kecil yang dipanaskan atau dengan solder yang diganti sementara mata soldernya dengan paku kecil. Lubang-lubang ini untuk masuknya kaki LED. 


Kotak kemasan Lampu  Emergency dapat menggunakan kotak apa saja yang sudah tidak terpakai, seperti box bekas kartu nama, kotak kardus, kotak plastik dan lainnya, terserah kepada pembaca kotak bekas apapun yang pembaca miliki ataupun  untuk menggunakan bahan lainnya. Pada saat melubangi letakan CD di atas kotak kemasan agar lubangnya sama persis di CD dan di kotak.
 


Jadi pembaca hanya perlu membeli Saklar geser atau togle 6 pole dan LED super. Harga LED Super pada saat itu Rp 50.000 untuk pembelian 100 pcs. Mungkin ke depannya harga tersebut akan turun terus. Jumlah LED super yang dipasang terserah kepada pembaca, yang penting charger dan dioda tidak panas. Pengalaman penulis dengan 24 buah LED super raangkain bekerja dengan baik tanpa panas berlebih.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS