RSS

Buat Lampu Tidur Menggunakan LED

Bikin Lampu Tidur Hemat Energi Dengan LED

Harap berhati2 dalam mengerjakan proyek ini, mengandung listrik tegangan tinggi..!!!

Tertarik bikin lampu kya gini...

Pemasangan Seperti gambar di atas





cara pembuatannya gampang banget.. tapi sebelum membuat perlu disiapkan bahan2 seperti berikut:
1. lampu bekas yg kya gini (maklum ga tau namanya, langsung gambar aja yak..)
2. 4 buah dioda ato dioda brige
3. 30 pcs Led putih
4. 4 pcs dioda ato dioda bridge
5. kabel
dan terakhir siapkan jg peralatan tempur seperti solder dan kawan2 nya
Langkah-langkah pembuatan :
 bongkar bohlam bekas anda seperti ini..

 lepaskan lampu dari pcb seperti ini..


bikin jamper dari jalur bekas lampu tadi.. sekalian lepaskan kapasitornya..


 bikin "bridge rectifier" menggunakan dioda dan kapasitor yg tadi kita lepas seperti ini..

pasang di pcb..
oke selanjutnya kita bikin rangkaian led di pcb, hubungkan 30 pcs led ke pcb secara seri seperti ini..

ato ini..
ato sesuai selera anda, yg pasti dihubungkan secara seri..
selanjutnya sambungkan lampu led yang tadi kita bikin ke pcb ballast lampu yg sudah kita modif tadi seperti ini..
sekarang tinggal pengetesan.. yg perlu di ingat adalah "HATI-HATI" dan jangan pernah menyentuh rangkain secara langsung, karna mengandung tegangan tinggi.. 
akhir kata.. slamat mencoba..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS